Rabu, 26 Juni 2013

AWAS !! ROOT PALSU PADA TABLET ANDROID LOKAL ( FANTASY ROOT )

 Gbr. Unlock Root Pro version

KASUS KEGAGALAN INSTALASI APLIKASI
Untuk pengguna android mungkin pernah menjumpai kegagalan ketika akan menginstalasi aplikasi. Biasanya muncul peringatan "this application need root acces". Berulang kali anda coba menginstal aplikasi tersebut ternyata peringatan tersebut selalu muncul. Padahal anda mungkin sudah capek capek mendownload aplikasi tersebut, mungkin butuh kesabaran juga karena waktu download yang cukup lama karena kapasitas filenya besar. Akhirnya rencana meningkatkan performa tablet lokal gagal, tabletpun hanya berkemampuan segitu-gitu saja, tidak secanggih seperti yang kita inginkan.

APAKAH ITU ROOT ?
Kegagalan instalasi aplikasi karena root acces sebenarnya adalah karena perangkat android kita belum di root.
Root adalah semacam memberikan kewenangan istimewa buat pengguna perangkat tersebut untuk dapat menggunakan aplikasi apapun ( tentu yang sesuai dengan versi android dan processor serta gpu yang terpasang pada perangkat android pengguna).

Gbr. SuperOne Click Root (freeware)


BEBERAPA SOLUSI YANG TERGAGALKAN
Kali ini, kita lebih fokus kepada penerapan Root untuk tablet lokal. Karena tablet buatan lokal ini sering mengalami masalah ketika akan di root. Biasanya masalah yang muncul adalah :
1. Ketika dicek dengan menggunakan Root Checker tablet terdeteksi sudah di root, tetapi ketika menginstal aplikasi tetap muncul peringatan " this application need root acces" atau your phone not rooted.

2. Ketika melakukan root , tablet lokal sukses dapat di root, tetapi ketika melakukan penginstalan aplikasi tetap saja muncul, your phone not rooted, atau this application need root acces.
Beberapa aplikasi untuk root tablet/phone yang populer adalah One Click Root, SuperOne Click, Root with restore, Z4Root, dan sebagainya, yang kebanyakan berbasis pada modifikasi penginstalan script aplikasi superuser.




JANGAN SENANG DULU, TABLET LOKAL BERHASIL DI ROOT BELUM TENTU ROOTNYA SEMPURNA
Tablet buatan lokal memang unik. Gampang gampang susah untuk dapat memahami perilakunya, bahkan seringnya ROM tablet lokal pun sangat mirip dengan ROM tablet branding, tetapi ada perbedaan pada beberapa system. Bahkan ada tablet buatan lokal yang modelnya persis dengan beberapa merek lainnya.

Sebagai contoh , saya pergunakan tablet efioo tab e1i yang ternyata sudah saya coba root dengan berbagai macam aplikasi. Memang dapat sukses telah di Root , dicek dengan aplikasi root checker juga sudah terdeteksi telah di root , tapi tetap muncul peringatan dari beberapa aplikasi yang saya instal bahwa tablet ini belum di root.

Saya berkesimpulan, root tablet yang saya lakukan belum sepenuhnya mewujudkan tablet saya dari root yang sebenarnya, istilahnya adalah root yang terjadi semacam fantasy root saja.

Biasanya , beberapa aplikasi yang membutuhkan root yang sempurna adalah aplikasi yang berhubungan dengan sesuatu yang sangat vital, seperti sistem kernel , processor dan grafis modified, serta tool untuk hacking aplikasi berlisensi atau beriklan, misalnya Lucky Patcher, aplikasi berbasis modifikasi ROM seperti ROM toolbox , dan sebagainya.

LALU APA YANG HARUS DILAKUKAN AGAR ROOT TABLET LOKAL MENJADI SEMPURNA
Perangkat android lokal (tablet) yang sudah diroot biasanya memiliki ciri - ciri memiliki aplikasi bernama Superuser, dengan icon gambar kepala android bermata satu ( bajak laut android). Superuser ini sendiri memiliki bermacam versi, ada yang freeware ( gratisan ), ada juga yang berbayar.
Namun, tablet lokal yang sudah memiliki aplikasi superuser ini sendiri belum tentu sudah sempurna di root, karna aplikasi superuser.apk sendiri bisa diinstal secara umum lewat menu pengaturan aplikasi. Seringnya aplikasi superuser yang sudah berhasil terinstal ini tidak berjalan sempurna, bahkan superuser itu sendiri tidak bereaksi apapun terhadap aplikasi aplikasi lain yang terdapat di dalam tablet lokal ketika aplikasi dijalankan. Perintah "denny" atau "allow" dari superuser tidak muncul.
Ciri lainnya dari tablet yang fantasy root adalah terlihat ketika di reboot. Ketika booting selesai dan masuk ke system maka tidak ada konfirmasi  "granted permission by superuser" yang ditampilkan dari tablet lokal kita.

SAMPLE EXPERIENCES
Dari pengalaman saya me"root" tablet lokal saya ( efioo tab e1i) memang sangat ribet dan memakan banyak percobaan, dan itu membutuhkan waktu yang panjang serta usaha yang keras. Berbagai macam aplikasi seperti Super One Click, One Click Root, Z4Root, Uberizer dan sebagainya, ternyata tidak cukup mempan membuat root yang sempurna. Mulai dari root dengan model manual ( instal apk di tablet), sampai root dengan model Rooting from PC, sampai dengan model flashing lewat CWM, semua gagal. Apalagi menggunakan mode flashing, seringnya tablet lokal  tidak mampu mengenali jenis file yang akan diflash. Boro boro mengeksekusi, mengenali saja tidak bisa.

Contoh sederhana, disini saya menggunakan aplikasi Connect to PC yaitu aplikasi Superone click versi 2.3.3 short fuse. Ketika saya amati, proses root tablet melalui interface di PC berjalan dengan luar biasa rumitnya. Banyak eksekusi file dengan kode-kode yang aneh muncul berurutan disitu hingga berakhir dengan Succesfully ----Rooted End, yang artinya proses root telah selesai dan berhasil. Namun ketika saya menginstal aplikasi room toolbox pro, malah perangkat tablet saya mengeluarkan permintaan acces root tidak ada, superuser tidak ada, dan meminta saya untuk melakukan root terlebih dahulu.

Uniknya,ketika di analisa menggunakan root checker, tablet lokal ini sudah memiliki root acces. Berulangkali saya root dengan aplikasi superone click ( maupun telah dicoba dengan aplikasi root lain) ternyata tetap tidak berhasil. Bahkan ketika saya mulai dari awal, install ulang / flashing firmware ( bukan reset factory) kemudian secara bertahap melakukan root secara lebih teliti ternyata tetap saja menemui kegagalan. Tablet telah berhasil di root tetapi tidak sempurna.

Yang mengejutkan adalah, justru ketika saya menggunakan metode root menggunakan cara tablet branding, seperti samsung, sony experia,dan sebagainya ( meski banyak menemui kegagalan), tetapi pada akhirnya tablet efioo saya justru dapat diroot dengan tablet dengan branding Sony Experia. Aneh tapi Nyata.

CIRI ROOT TABLET LOKAL YANG SEMPURNA
Ketika tablet telah root sempurna, performa tablet terasa lebih ringan. Loading file berjalan lebih cepat hampir separuhnya lebih dari loading normal ( ketika masih fantasy root).
Aplikasi vital untuk sistem juga mampu terinstal dengan baik, bahkan saya bisa memodifikasi kernel, cpu, grafis bahkan upgrading versi android, manufacture, type dan ROM melalui buildprop.
Ketika selesai booting, maka muncul reaksi dari superuser granted/permision. Root juga bisa dengan mudah menghilangkan aplikasi yang berlisensi, menghilangkan google ads, dan modifikasi odex,sehingga tablet lokal mampu dijejali aplikasi canggih sehingga systemnya berjalan seperti nyaris mirip dengan tablet bermerk ( branding ).

Untuk hasil modifikasi tablet lokal dengan root pada tablet efioo yang saya pergunakan silahkan anda cari pada postingan yang berkaitan dengan upgrade tablet efioo dengan system Samsung atau Sony Experia.

Pada akhirnya, saya berkesimpulan, tablet buatan lokal memang selalu menyimpan sejuta misteri. Sebuah prototipe yang dapat berubah dari yang lokal menjadi yang branding, tergantung sejauh mana kita mau berusaha keras merancang dan membangun sistem di dalamnya.

17 komentar:

  1. Gan,mohon di share cara root efioo ke mail sy,sdh berbagai cara sprt agan diatas,hasilnya nihil,bhkn terparah wkt itu internal sy jd 0mb,dan untungnya msh ada garansi.
    Skrng saya ingin root lg dgn aman,bs kah agan mmbantu sy?

    Efioo e3tab 8 inchi
    Ice cream sandwich 4.0.4

    Mohon bantuan nya gan,makasih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar gan, ane posting root aman banget untuk tablet efioo...ni ane lg sibuk banget, ntar ane kasih softwarenya. btw...ente posisi dimana, gan ?

      Hapus
    2. mohon bantuannya gan cara masu recovery mode efioo tab 8" ane tekan vol (-) + power cmn keluar robot tidur sama tanda seru saja
      mohon bantuan dengan sangat
      antiuman@rocketmail.com
      trimakasih sebelumnya

      Hapus
  2. mas broo, ayo sgera di post untuk rooting tablet efioo mas!!!

    BalasHapus
  3. gan minta aplikasi root sm tutorialnya efioo e2tab dong...

    BalasHapus
  4. mas bro, boleh bagi firmware asli efioo E1 ga? saya punya upgrade pake firmware laen, kemudian touchnya tidak berfungsi. bisa ga ya dibalikan lagi keasal dengan metode flashing dari pc? soalnya kayaknya ada masalah dengan slot memorynya.. thanks

    BalasHapus
  5. Mas masuk recovery mode efioo giman? Punyaku efioo tab 8" aku tekan power+vol down cmn keluar robot tdr sama tanda seru aja
    Thx sblmnya

    BalasHapus
  6. mas mau tnya ne gmn cara mengtasi tablet k-fone jupiter yg 1 sim g bsa droot....

    tlong saran a mas

    BalasHapus
  7. Gan tolong donk cariin firmware efioo e3tab, punya ane mau diflash gak punya firmware nya, nanti saya donasi gan

    BalasHapus
  8. Klo buat c3 sih gan pake apa rootnya??

    BalasHapus
  9. Gan knp hp sya suskes teroot dikinroot pas sya kluar dan masuk lagi kekingroot ehhh. Malah disuruh root lagi tolong bantuannya

    BalasHapus
  10. Gan mau tanya... Hp saya beli baru.. Trs jalan beberapa bulan saya instal2 game saja.. Ga pernah oprek hp.. Knp pada saat saya donwload aplikasi spt Tcash telkomsel sama mandiri online tidak bs di buka.. Dgn alasan bahwa hp sudah di root.. Padahal saya ga pernah di root sama sekali..saya coba download aplikasi root detection.. Saya download 4 aplikasi dan Ternyata 2 aplikasi menyatakan hp saya di root.. Dan 2 aplikasi saya dinyatakan tidak diroot.. Tolong gan bantu saya... Terimakasih

    BalasHapus
  11. Mau nanya min,HP gw kan udah di root.kenapa ya sekarang kok jadi gak bisa lagi buka aplikasi yg khusus root,pas dibuka sering ada peringatan kalau hp gw belum di root,padahal dulu bisa................dulu juga gw pernah ngalamin kayak gini,trus gw diemin aja beberapa minggu jalan lagi deh........itu kenapa ya min? udah kedua kalinya gw ngalamin kayak gini,pas dibutuhin gk bisa

    BalasHapus
  12. Sama seperti zenphone 5 ane gan kejadianx.....hdeh tolongin plizz...rooting asus gue gan

    BalasHapus
  13. Sama seperti zenphone 5 ane gan kejadianx.....hdeh tolongin plizz...rooting asus gue gan

    BalasHapus